Jumat, 27 Juli 2012

Mengajari Anak Menulis

Mengajari anak menulis : 

Banyak hal yang bisa kita dapat di dalam menulis. Menulis dalah aktifitas yang kompleks dengan koordinasi mata, jari, tangan dan anggota badan yang lain. Di dalam menlis kita perlu fokus, perlu terampil dalam motorik halus, gerakan jari, keseimbangan otak yang memerintah setiap anggota badan khususnya tangan dan jari untuk menuliskan kata atau kalimat yang kita inginkan, sehingga kita dapat menuangakn pikiran kita lewat tulisan. Selain itu dengan menulis kita jga dapat mengkomunikasikan kebutuhan kita dan juga membantu memori kita untuk mengingat poin-poin apa saja yang kita perlukan. 

Di dalam menulis banyak sekali tujuan, beberapa diantaranya :
1. Melatih keterampilan tangan dan jari
2. Koordinasi Otak, Mata, dan tangan
3. Melatih kesabaran
4. Melatih kemampuan bercerita (menulis buku harian, mendeskripsikan suatu kejadianb, dll)
5. Melatih Memori (menulis daftar belanjaan, menulis jadwal, imla, menulis apa yang anak baca (tentunya anak sudah bisa membaca dan memahami huruf yang berhubungan dalam kata dan kalimat) dll)
6. Melatih kemampuan mempersepsikan (menulis susunan kalimat)

tidak semua siswa masuk SD itu siap menulis, jadi sebelum masuk ke sekolah..persiapkan menulis terlebih dahulu. 

Bagaimana kita mengajarkan menulis pada anak-anak?

MENULIS

Objectif : 1. Persiapan sebuah komunikasi yang berarti
2. Mengembangkan kemampuan akademik
3. Meningkatkan kemampuan motorik kasar

Prosedur : Siapkan stimulus untuk anak agar membuat respon pada kertas.


Fase 1 : Menjilpak huruf dan angka. Gunakan kertas bergaris.

Fase 2 : Menjiplak , meniru dan menulis nama. Mulai ketika anak sudah sukses di fase 1.

Fase 3 : Meulis 9 bentuk Geometri :
1. Garis Vertikal l
2. Garis Horisontal __
3. Lingkaran O
4. Penggabungan Garis horisontal dan Vertikal + 
5. Garis Diagonal Kanan /
6. Garis Diagonal kiri \
7. Bujur sangkar (Kotak)
8. Penggabungan garis diagonal kanan dan kiri X 
9. Segitiga

Fase 4 : Menulis huruf dan angka. Mulai ketika anak sudah sukses di fase 3 dan anak dapat mengidentifikasi huruf dan angka. Guru mendikte “tulis (huruf….)

Fase 4 : Matching huruf ke kata, perintah dari kiri ke kanan.

Fase 5 : Meniru dari papan tulis di depan kelas.

Fase 6 : Mendikte kata.

Fase 7 : Menulis kalimat jawaban dari suatu pertanyaan.

Fase 8 : Menyalin dari buku

Fase 9 : Merangkum 

Fase 10 : Menulis buku harian (niscaya anakbs mengekspresikan apa yang ada dalam pikirannya termasuk Bully dari teman atau orang2 disekitarnya) 

Hal-hal yang harus kita perhatikan di dalam menulis (by bu. Any Sonata): 
1. Biarkan anak nyaman memilih tangan (kiri/kanan) tanpa harus memaksa merubahnya

2. Biasanya cara menulis yang kurang baik dimulai dengan pola pegangan yang salah, seperti menggenggam pensil, menyeret pensil

3. Penting bagi anak belajar untuk membentuk tiap huruf alphabet dengan cara yang benar dan bergerak menurut arah yang benar. Bila tidak, sukar untuk merubahnya dan mereka akan mengalami kesulitan ketika menulis dengan huruf sambung

4. Ajari anak menulis dengan huruf kecil, karena huruf-huruf tersebut akan sering dipakai dan dapat mengajarkn anak sejak dini tentang tata bahasa

5. Perhatikan postur tubuh anak pada saat anak menulis. hal ini akan mempengaruhi daya tahan menulis, serta konsentrasi anak

6. Kerapian dalam tulisan tangan tidak ada hubungannya dengan kecerdasan. tetapi penting untuk selalu mengembangkan tulisan tangan yang dapat dibaca. 

SELAMAT MENCOBA. _rt_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar