Kamis, 14 Maret 2013

TIPS POLA MAKAN UNTUK ANAK DENGAN AUTISME DAN ADHD

TIPS POLA MAKAN UNTUK ANAK DENGAN AUTISME DAN ADHD
  1. Kenali makanan pemicu alergi
  2. Hindari makanan/zat pada makanan yang diduga menimbulkan alergi selama 2 sampai 4 bulan, secara bergantian. ROTASI semua jenis makanan, termasuk makanan yang sangat disukai.
  3. Batasi makanan manis, meskipun memakai gula pengganti seperti fruktosa, maltosa, sorbitol, brown sugar, dan sebagainya, Zat2 tersebut tidak lebih baik dari gula pasir biasa. Makanan manis dan gula olahan akan menyuburkan bakteri dan jamur yang ada di sepanjang saluran usus.
  4. Sebagai pengganti gula, lebih baik perkenalkan anak pada buah-buahan segar dengan cara melatihnya sedikit demi sedikit setiap hari (mulai dari satu sendok teh buah diblender beberapa kali sehari) sampai anak tidak merasa asing lagi dengan makanan tersebut. Gula dari buah segar dapat membuat kadar seretonin di otak lebih stabil karena terkontrol oleh unsur2 gizi lain yang terikat bersamanya. DENGAN CATATAN    :                                    -     Tidak mencampur buah dengan makan lain dalam jumlah besar                                 _     Tidak mengkonsumsi buah sesudah makanan padat lain seperti susu, nasi atau daging
  5. Batasi semua makanan atau minuman olahan industri, termasuk mieinstan, biskuit, dan lain-lain. Meskipun diiklankan sebagai makanan/minuman khusus bagi mereka yang ALERGI gula, gluten dan casein. Makanan/minuman tersebut mungkin tidak mengandung bahan-bahan dimaksud, tetapi bukan berarti bebas dari ZAT-ZAT ADITIF lain yang lebih merugikan kesehatan, misalnya ZAT PENGAWET.
  6. Ajarkan anak dengan sabar cara mengunyah makanan yang benar. Karena sebaik apapun makanan yang dimakan, jika tidak dikunyah dengan baik, makanan tidak akan tercerna dengan sempurna didalam perut dan menimbulkan fermentasi/pembusukan di saluran usus.
Jangan memberi anak terlalu banyak jenis makanan dalam satu kali makan,  terutama yang kombinasinya berat untuk pencernaan. Terlalu banyak jenis makanan dengan kombinasi yang tidak serasi akan menimbulkan fermentasi/pembusukan didalam saluran usus.                                                  
SUMBER : ANDANG GUNAWAN (seminar NUTRISI majalah NIRMALA, 30 Juni 2001)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar