Objektif
- Belajar menggunakan benda mainan dengan cara yang tepat
- Meningkatkan kemampuan menyusun pola dengan motorik visual
- Meningkatkan perhatian dan memori
- Membangun perilaku kntrol diri (mis, tidak merebut balok – balok atau melempar,dll)
- Meningkatkan kemampuan motorik halus
- Mengajarkan memperhatikan materi – materi tugas dan gerakan guru
- Mengerjakan cara menyusun posisi balok
Prosedur
Program ini
dapat dilakukan dengan segala macam alat – alat peraga konstruksi termasuk
balok – balok, Legos , Linsoln Logs, atau potongan-potongan kertas warna .Guru
duduk berhadapan dengan murid.Setiap orang mempunyai materials sendiri –sendiri
di samping meja .Guru menyusun balok – balok kepunyaannya di tengah meja.Anak
membuat disain yang sama dengan menggunakan balok – balok kepunyaannya di depan
dia.Gunakan balok – balok yang mempunyai bentuk dan warna yang bervariasi .
Mulai dengan dua atau tiga balok dan perlahan – lahan tingkatkan jumlah balok.
Ketika anak
sudah dapat menyusun balok – balok sesuai strukturnya, maka mulailah dengan
bermain (mis , mengendarai mobil melewati jembatan ) . Gunakan type – type
balok yang bervariasi seperti Duplo atau bristle. Bisa juga membuat suatu
figure aksi dan binatang – binatang.
Prompt
Gunakan
prompt fisik , demonstrasi , verbal prompts,menunjuk, atau dikombinasi.Perlahan
– lahan kurangi prompt sehingga anak dapat melakukan secara mandiri . Pada
awalnya sebagai prompt, anak mendapat balok – balok yang dia sukai . Kemudian
tambakan balok – balok yang lain.
Prasyarat
Anak dapat menyelesaikan tiga
item dari Imitasi Non Verbal Fase 1.
Kriteria Master
Anak dapat
melakukan respon benar eight of ten tanpa prompt. Harus diuji paling sedikit
satu guru tambahan.
Fase 1
Membangun sebuah
menara
Siapkan
balok –balok dan katakana “buat menara”. Mulailah dengan dua balok panjang dan
perlahan – lahan tingkatkan ukuran menara.
Fase 2
Membedakan bentuk –
bentuk berwarna
Letakkan
dua balok berbeda dengan jarak 10 inci (mis, sebuah kotak merah dan sebuah
persegi panjang hijau).Berikan ke anak salah satu balok yang sama diantara dua
balok tadi dan katakan “samakan” atau
“letakkan dengan yang sama”. Hal ini dilakukan agar anak benar –benar
dapat membedakan antara balok – balok tersebut.
Fase 3
Langkah berurutan
Letakkan selembar kertas pada
area kontruksi madding – masing orang . Guru menyelesaikan satu langkah
konstruksi dan tunggu agar anak meniru langkah tersebut.Lanjutkan langkah
konstruksi berikutnya. Catat jumlah langakah yang diselesaikan sendiri dan
jumlah yang di prompt.Mulailah dengan langakah yang termudah dan lanjutkan yang
lebih sulit.
Langkah membangun :
a. Ke
atas
b. Dari
kiri ke kanan
c. Dari
muka ke belakang
d. Membuat
suatu model
Yakinlah untuk mencampur antara bentuk dan warna dalam uji
coba – uji coba dan juga variasikan tempatnya. Hal ini untuk menggeneralisasi
imitasi, tidak mengajarkan disain yang spesifik.
Fase 4
Sebelum membengun
struktur
Guru menyelesaikan model
struktur sebelum murid memulai mengerjakan strukturnya. Jika perlu di tutupi
agar yakin anak menunggu .Perlahan – lahan tingkatkan ke struktur yang lebih
kompleks.
Fase 5
Mengcopy model –
model balok dengan kubus – kubus kecil berwarna
- Horizontal
- Vertical
- Kombinasi
- Muka / belakang
Fase 6
Mengcopy model –
model balok dengan balok yang warnanya sama (mis, balok kayu yang tidak di cat
; potongan – potongan karton yang besar)
Fase 7
Mengcopy desain 2D
(foto atau gambar )
Fase 8
Membuat kreativitas
struktur yang spesifik
Meja, kursi,jembatan , garasi ,
mobil , pesawat , kereta api , rumah, ranjang , kapal motor , dsb. Rencanakan
sebuah model yang kelihatannya spesifik. Kemudian gunakan sebuah foto, dan
berikan instruksi verbal . Samarkan / jauhkan fotonya dan murid membangun item
itu hanya dengan intruksi verbal . Anda dapat meletakkan gambar dekat konstruksi
agar menjadi jelas apa yang telaha dibangun (mis, letakkan gambar di kursi
lain).Gabungkan bermain dengan kreativitas struktur (mis, mengendarai “mobil” ;
meletakkan binatang – binatang di atas batu – batu ; dll)
Fase 9
Mendisain dengan
mengingat
Tunjukkan
desain selama lima
detik dan kemudian di balik/di tutup.Anak membuat struktur dengan mengingat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar