Objektif
- Mengajarkan komunikasi dengan modal nonverbal.
- Persiapan komunikasi untuk anak yang non verbal.
- Mengurangi perilaku merusak yang timbul karena anak tidak dapat berkomunikasi.
- Persiapan dasar untuk mengembangkan bicara.
Prosedur
Program ini digunakan untuk anak
yang belum siap untuk menggunakan bicara sebagai komunikasi dan anak yang non
verbal agar anak dapat berkomunikasi dengan orang lain. Biasanya dengan
menggunakan item atau gambar – gambar item untuk mengekspresikan keinginannya.
Prompt
Gunakan
verbal , tunjuk , atau prompt fisik. Perlahan – lahan kurangi prompt.
Prasyarat
Anak dapat menyamakan objek
identik.
Kriteria Master
Anak dapat melakukan respon
eight of ten tanpa prompt.Diuji paling sedikit satu orang guru tambahan.
Fase 1
Memilih
Tunjukkan
dua atau lebih item ke anak, tanya “Kamu mau apa?”Beri anak item yang dipilih
dan di singkirkan item yang lain .
Tunggu sejenak sebelum memberikan pilihan yang lain lagi , sehingga ada
konsekwensi untuk item yang salah pilih.Jika anak menjadi frustrasi karena
tidak mendapatkan yang dia inginkan , berikan prompt untuk menunjuk item yang
diperkirakan anak suka.
Fase 2
a) Matching gambar ke
item
Mulai ketika anak sudah
menguasai fase 1 . Letakkan dua atau lebih item diatas meja.Berikan gambar ke
anak dan katakan “samakan”. Prompt jika perlu . Beri imbalan dengan bagian
kecil dari item yang di gambar.
b) Matching item ke
gambar
Mulai ketika anak sudah
menguasai fase 1. Letakkan dua atau lebih gambar di atas meja. Berikan item ke
anak dan katakana, “ samakan ”. Prompt jika perlu .Beri imbalan dengan begian kecil dari item.
Fase 3
a) Menunjuk ke gambar
dari objek
Letakkan dua atau lebih gambar
di atas meja. Tunjukkan anak sebuah objek (tapi guru tetap memegang) dan katakan
“ tunjuk yang sama ”.
b) Tunjuk objek ke
gambar
Letakkan
dua atau lebih objek di atas meja. Perlihatkan sebuah gambar(tapi guru tetap
memegang) dan katakan “tunjuk yang sama”.
Fase 4
Buat pilihan dari
sebuah gambar
Mulai
ketika anak sudah menguasai 5 item di fase 2 dan 3 . Serahakan sebuah gambar
dari item yang paling di sukai anak . Gunakan prompt fisik untuk memegangkan
anak gambar item yang di sukai dan berikan pada anda. Seketika itu beri nama
gambar itu dan tukarkan gambar itu dengan item yang di inginkan . Ketika anak
memegang gambar apa saja dan memberikan pada anda,berikan item yang tertera
pada gambar ke anak . Gunakan juga gambar – gambar dari aktivitas di dalam dan
di luar rumah.Seketika pergilah ke area dimana item / aktifitas itu berada
sesuai dengan yang tertera pada gambar dan lakukan uji coba di situ .Kemudian
ajarkan anak untuk seketika mengerjakan item yang ada di gambar (mis,makan
makanan yang ada di gambar , minuman , pergi mandi, berenang,dll ).Awalnya
berikan anak item yang tempatnya dekat. Kemudian buatlah anak memberikan gambar
pada orang lain dan seketika lakukan aktivitasnya.
Ketika anak
berespon dengan konsisten , anda dapat meningkatkan jumlah gambar – gambar yang
ditawarkan. Pertama gunakan sebuah gambar item sebagai distraksi untuk
memberikan arti apa yang dipilih. Perlahan – lahan tingkatkan jarak dan jumlah
gambar yang ditawarkan .Anak memberikan gambar yang mengartikan dia
mengekspresikan keinginannya.
Contoh Gambar
Komunikasi
Kamar mandi
Minum
Jalan – jalan
Naik mobil
Fase 5
Ikuti
petunjuk dari sebuah gambar . Berikan anak gambar – gambar dari bermacam –
macam aktivitas, seperti pada program reseptif. Tunjukkan gambar dan katakana,
“Lakukan”.
Catatan
Bisa gunakan PECS atau Compic.
yle='( �
b d PD= ��? ight:normal'>Fase 3
Objek 3 D
Gunakan objek yang familiar bagi anak dan yang sudah dilatih
dalam matching. Mulailah dengan 2 item. Letakkan item pertama di atas meja
dengan item yang lain sebagai distraksi, dan katakana “ minta (objek )”. Ketika
anak dapat mengerjakan respon benar empat dari lima kali percobaan dengan distraksi dan
tanpa prompt, ulangi dengan item kedua. Ketika item kedua dapat dikerjakan,
kembali, ke item pertama, kemudian item kedua lagi. Terakhir kedua item diacak.
Jika kedua item sudah dikuasai tambahkan item lainnya.
Contoh :
-
Pakaian
-
Makanan
-
Mainan
Fase 4
Gambar dari
objek-objek
Guru meminta anak untuk menunjuk objek yang dilabel di dalam
gambar.
Fase 5
Gambar dari action
Guru memperlihatkan gambar berbagai macam action dan minta
anak untuk menunjuk action yang dilabel di dalam gambar.
Fase 6
Gambar orang
(Sering anak-anak lebih mudah belajar, hal ini dengan 2 D
daripada 3D). Guru menunjukkan gambar-gambar orang dan mintalah anak untuk
menunjuk nama orang yang disebut. Termasuk diri sendiri, family, guru-guru dan
teman-teman.
Fase 7
Orang 3D
Guru meminta anak untuk menunjuk Guru, diri sendiri atau
orang lain yang adaa disitu.
Fase 8
Meminta dua item
(mis, minta gelas dan mobil)
Fase 9
- Ukuran (Besar/kecil)
Fase 10
Warna
Buatlah hal ini semenarik mungkin. Anda harus menggunakan
objek – objek berwarna yang menarik (mis: Gunakan gelas berwarna dan
sembunyikan sesuatu yang menarik di gelas warna yang akan anda tanyakan.
Fase 11
Bentuk
Fase 12
Kombinasi warna/objek
Fase 13
Kombinasi abstrak dua
atribut
(ukuran / bentuk)
Fase 14
Kombinasi 3 atribut
(warna / ukuran / 0objek atau warna/bentuk/ukuran)
Fase 15
Identifikasi tempat /
ruangan
Berikan gambar tempat/ruangan di atas meja. Anak menunjuk
gambar. Bila sudah mampu segera generalisasikan.
Fase 16
Emosi
Fase 17
Konsep kuantitas
- Banyak/satu
- Kosong/penuh
- Kecil/besar
- Ringan/berat
Program selanjutnya :
Atribut, Kategori / kelompok, fungsi, preposisi, profesi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar