Minggu, 10 Juni 2012

KETERAMPILAN MOTORIK



Objektif
  1. Meningkatkan control motorik kasar yaitu : keseimbangan ; kekuatan ; koordinasi
  2. Meningkatkan kesadaran bagaimana menempatkan anggota tubuh
  3. Meningkatkan control motorik halus dan koordinasi motorik visual
  4. Meningkatkan kesadaran lingkungan
  5. Memperbaiki motor planning
  6. Belajar mengikuti urut – urutan langkah
  7. Meningkatkan kesempatan untuk untuk berinteraksi social
  8. Kesempatan mendapat imbalan – imbalan baru
  9. Mengembangkan kesempatan bermain
  10. Mengembangkan persiapan  untuk kemampuan pre-akademik
  11. Mengembangkan persiapan untuk kemampuan Bantu diri

Prosedur
            Ketrampilan ini dapat dilakukan dengan cara yang tidak formal . Pilihlah tiga atau lima item untuk di kerjakan . Beberapa item dapat digabungkan kedalam program Imitasi Nonverbal. Yang lain lebih tepat untuk dilakukan selama waktu bermain.

Prompt
            Gunakan prompt fisik , demonstrasi , prompt verbal , atau di kombinasikan .Perlahan – lahan prompt di kurangi sehingga anak dapat mengerjakan sendiri.

Prasyarat
            Anak boleh duduk di kursi , tetap berdiri , memegang objek dan memperhatikan guru.

Kriteria Master
            Anak melakukan respon benar eight of ten tanpa prompt. Diuji paling sedikit satu guru tambahan.

Contoh Motorik Kasar :
-          Berdiri / duduk
-          Menari
-          Jalan ke belakang

Contoh Motorik Halus :
-          Puzzles
-          Menggunting
-          Menggambar
h de � PD= ��? akkan item pertama di atas meja dengan item yang lain sebagai distraksi, dan katakana “ minta (objek )”. Ketika anak dapat mengerjakan respon benar empat dari lima kali percobaan dengan distraksi dan tanpa prompt, ulangi dengan item kedua. Ketika item kedua dapat dikerjakan, kembali, ke item pertama, kemudian item kedua lagi. Terakhir kedua item diacak. Jika kedua item sudah dikuasai tambahkan item lainnya.

Contoh :
-          Pakaian
-          Makanan
-          Mainan

Fase 4
Gambar dari objek-objek
Guru meminta anak untuk menunjuk objek yang dilabel di dalam gambar.

Fase 5
Gambar dari action
Guru memperlihatkan gambar berbagai macam action dan minta anak untuk menunjuk action yang dilabel di dalam gambar.

Fase 6
Gambar orang
(Sering anak-anak lebih mudah belajar, hal ini dengan 2 D daripada 3D). Guru menunjukkan gambar-gambar orang dan mintalah anak untuk menunjuk nama orang yang disebut. Termasuk diri sendiri, family, guru-guru dan teman-teman.

Fase 7
Orang 3D
Guru meminta anak untuk menunjuk Guru, diri sendiri atau orang lain yang adaa disitu.

Fase 8
Meminta dua item
(mis, minta gelas dan mobil)

Fase 9
  • Ukuran (Besar/kecil)


Fase 10
Warna
Buatlah hal ini semenarik mungkin. Anda harus menggunakan objek – objek berwarna yang menarik (mis: Gunakan gelas berwarna dan sembunyikan sesuatu yang menarik di gelas warna yang akan anda tanyakan.

Fase 11
Bentuk

Fase 12
Kombinasi warna/objek

Fase 13
Kombinasi abstrak dua atribut
(ukuran / bentuk)

Fase 14
Kombinasi 3 atribut (warna / ukuran / 0objek atau warna/bentuk/ukuran)

Fase 15
Identifikasi tempat / ruangan
Berikan gambar tempat/ruangan di atas meja. Anak menunjuk gambar. Bila sudah mampu segera generalisasikan.

Fase 16
Emosi

Fase 17
Konsep kuantitas
  1. Banyak/satu
  2. Kosong/penuh
  3. Kecil/besar
  4. Ringan/berat

Program selanjutnya : Atribut, Kategori / kelompok, fungsi, preposisi, profesi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar