- Meningkatkan control motorik kasar
yaitu : keseimbangan ; kekuatan ; koordinasi
- Meningkatkan kesadaran bagaimana
menempatkan anggota tubuh
- Meningkatkan control motorik halus dan
koordinasi motorik visual
- Meningkatkan kesadaran lingkungan
- Memperbaiki motor planning
- Belajar mengikuti urut – urutan
langkah
- Meningkatkan kesempatan untuk untuk
berinteraksi social
- Kesempatan mendapat imbalan – imbalan
baru
- Mengembangkan kesempatan bermain
- Mengembangkan persiapan untuk kemampuan pre-akademik
- Mengembangkan persiapan untuk
kemampuan Bantu diri
Prosedur
Ketrampilan ini dapat dilakukan
dengan cara yang tidak formal . Pilihlah tiga atau lima item untuk di kerjakan . Beberapa item
dapat digabungkan kedalam program Imitasi Nonverbal. Yang lain lebih tepat
untuk dilakukan selama waktu bermain.
Prompt
Gunakan prompt fisik , demonstrasi ,
prompt verbal , atau di kombinasikan .Perlahan – lahan prompt di kurangi
sehingga anak dapat mengerjakan sendiri.
Prasyarat
Anak boleh duduk di kursi , tetap
berdiri , memegang objek dan memperhatikan guru.
Kriteria Master
Anak melakukan respon benar eight of
ten tanpa prompt. Diuji paling sedikit satu guru tambahan.
Contoh Motorik Kasar
:
-
Berdiri / duduk
-
Menari
-
Jalan ke
belakang
Contoh Motorik Halus
:
-
Puzzles
-
Menggunting
-
Menggambar
h de �
PD= ��? akkan item pertama di atas meja
dengan item yang lain sebagai distraksi, dan katakana “ minta (objek )”. Ketika
anak dapat mengerjakan respon benar empat dari
Contoh :
-
Pakaian
-
Makanan
-
Mainan
Fase 4
Gambar dari
objek-objek
Guru meminta anak untuk menunjuk objek yang dilabel di dalam
gambar.
Fase 5
Gambar dari action
Guru memperlihatkan gambar berbagai macam action dan minta
anak untuk menunjuk action yang dilabel di dalam gambar.
Fase 6
Gambar orang
(Sering anak-anak lebih mudah belajar, hal ini dengan 2 D
daripada 3D). Guru menunjukkan gambar-gambar orang dan mintalah anak untuk
menunjuk nama orang yang disebut. Termasuk diri sendiri, family, guru-guru dan
teman-teman.
Fase 7
Orang 3D
Guru meminta anak untuk menunjuk Guru, diri sendiri atau
orang lain yang adaa disitu.
Fase 8
Meminta dua item
(mis, minta gelas dan mobil)
Fase 9
- Ukuran (Besar/kecil)
Fase 10
Warna
Buatlah hal ini semenarik mungkin. Anda harus menggunakan
objek – objek berwarna yang menarik (mis: Gunakan gelas berwarna dan
sembunyikan sesuatu yang menarik di gelas warna yang akan anda tanyakan.
Fase 11
Bentuk
Fase 12
Kombinasi warna/objek
Fase 13
Kombinasi abstrak dua
atribut
(ukuran / bentuk)
Fase 14
Kombinasi 3 atribut
(warna / ukuran / 0objek atau warna/bentuk/ukuran)
Fase 15
Identifikasi tempat /
ruangan
Berikan gambar tempat/ruangan di atas meja. Anak menunjuk
gambar. Bila sudah mampu segera generalisasikan.
Fase 16
Emosi
Fase 17
Konsep kuantitas
- Banyak/satu
- Kosong/penuh
- Kecil/besar
- Ringan/berat
Program selanjutnya :
Atribut, Kategori / kelompok, fungsi, preposisi, profesi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar