MEMBACA
Objectif : 1. Mengembangkan kemampuan akademik
2.
Meningkatkan arti dari komunikasi
3.
Mengisi waktu luang
Prosedur :
Guru menyiapkan huruf-huruf atau kata-kata dan anak mendemonstrasikan.
Prompt :
Gunakan posisi,verbal,tunjuk,atau fisik.Perlahan-lahan kurangi prompt.
Prasyarat :
Anak dapat matching benda ke benda,gambar ke gambar,gambar
ke
benda.biasanya,anak akan dapat melengkapi label
Reseptif.Walaupun
demikian , beberapa anak mempunyai kesulitan
yang berhubungan
dengan auditory dapat belajar yang
berhubungan dengan
visual (mis, matching kata dan benda).
Kriteria Master: Anak dapat melakukan
respon benar eight out of ten tanpa
prompt. Diuji paling
sedikit satu guru lainnya.
Fase 1 :
Matching kata dan angka
Fase 2 :
Matching kata ke kata
Fase 3 :
Matching huruf ke kata dari kiri ke
kanan
Fase 4 :
Mengucapkan abjad
Fase 5 :
Indentifikasi huruf besar
Fase 6 :
Identifikasi huruf kecil
Fase 7 :
Membaca huruf besar
Fase 8 :
Membaca huruf kecil
Fase 9 :
Meletakkan kartu abjad sesuai perintah
Fase 10 :
Mengatakan suara yang terjadi dari
sebuah huruf. Guru menujukkan
sebuah kartu yang tercantum sebuah huruf
dan bertanya “suara apa?”
Fase 11 :
Suara campuran. Keluarkan atau
lebih kartu,mis,B-O-L-A.Anak disuruh
membaca dan
menunjuk setiap huruf.Anak harus mengatakan setiap
huruf satu persatu sambil memindahkan
jari.Kemudian tunjuk
keseluruhan
huruf.Anak harus membaca kata tersebut.
Fase 12 :
Matching kata ke benda atau gambar.
Buatlah suatu permainan dengan
kartu –kartu kata
untuk benda-benda sekitar. Anak di minta membaca
dan menmpelkan pada
benda yang tepat.
Fase 13 :
Identifikasi kata-kata
Fase 14 :
Spell kata-kata
Fase 15 :
Membaca kalimat
Fase16 :
Matching kalimat ke gambar
Fase 17 :
Pemahaman. Anak mengerti apa yang
di baca
a.
Siapa (melakukan aksi) ?
b.
Apa yang dilakukan (orang)?
c.
Dimana?
d.
Bagaimana/Kenapa?
Fase 18 : Mengikuti perintah tertulis. Buatlah kartu indeks dengan perintah
sederhana tertulis untuk tugas dan
aktifitas yang dapat anak lakukan.
a.
Satu kata perintah
b.
Dua kata perintah
c.
Tiga kata perintah
d.
Kalimat komplit
MENULIS
Objectif :
1. Persiapan sebuah komunikasi yang berarti
2. Mengembangkan kemampuan akademik
3. Meningkatkan kemampuan motorik kasar
Prosedur : Siapkan stimulus untuk
anak agar membuat respon pada kertas.
Prompts : Menggambar,membaca
Kriteria Master : Anak melakukan respon benar eight of
ten tanpa prompt. Diuji saru guru lain.
Fase 1 : Menjilpak huruf dan angka. Gunakan
kertas bergaris.
Fase 2 : Menjiplak , meniru dan menulis nama. Mulai
ketika anak sudah sukses di fase 1.
Fase 3 : Menulis huruf dan angka. Mulai ketika
anak sudah sukses di fase 3 dan anak dapat mengidentifikasi huruf dan
angka.
Guru mendikte “tulis (huruf….)
Fase 4 : Matching huruf ke kata, perintah dari kiri
ke kanan.
Fase 5 : Meniru dari papan tulis di depan kelas.
Fase 6 : Mendikte kata.
Fase 7 : Menulis kalimat jawaban dari suatu
pertanyaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar