Minggu, 10 Juni 2012

MENGGAMBAR



Objektif :
  1. Memperbaiki kemampuan menulis
  2. mengembangkan kemampuan yang di senangi (bakat)
  3. Mengembangkan kemampuan imitasi,interaksi sosial dan kreatifitas
  4. Belajar mengikuti instruksi
  5. Memperbaiki kemampuan mengikuti tahap – tahap berurutan
  6. Meningkatkan persiapan untuk sekolah
  7. Meningkatkan persiapan untuk bercerita
  8. Meningkatkan persiapan untuk menulis

Prosedur :
            Murid duduk di depan meja dan guru duduk di sampingnya.Gunakan pensil untuk menggambar,yang mudah di pegang, dan kertas polos atau papan yang di hapus.Guru mendemonstrasikan sebuah gerakan dan katakana “ TIRUKAN”, atau gunakan petunjuk verbal lainnya sesuai daftar.Selalu gunakan gerakan dari kiri-ke-kanan dan atas ke-bawah.Harus konsisten dengan bagaimana murid memegang pensil/kapur/spidol dan tangan mana yang di gunakan.Bagaimanapun , jangan berusaha untuk memaksa untuk menggunakan pensil anak siap.Aturlah pekerjaan anda pada kertas dengan cara yang sistematik.Jangan lompat – lompat sekeliling halaman.Berikan pendekatan dengan cara bermain.Disamping menggambar diatas meja,anda dapat gunakan kapur papan tulis atau melukis di tembok atau menggunakan whiteboard.Anda dapat membuat sebuah lingkaran pada wajah kucing,garis – garis pada gerbong kereta,dll.Generalisasikan dari marker ke crayon, pensil , dll,tapi hal yang terbaik ikuti petunjuk anak dengan menggunakan alat yang disukainya.Cari jalan untuk menggabungkan menggambar pada aktifitas yang lain.

Prompt :
            Gunakan bantuan fisik untuk membantu murid melakukan gerakan ,perlahan-lahan bantuan dikurangi.

Kriteria Awal :
            Murid dapat duduk di kursi , melihat pada pekerjaan dan memegang pensil.

Kriteria Master :
            Murid melakukan sebuahrespons benar tanpa prompt dengan penilaian.Hal ini harus diulangi dengan paling sedikit satu guru yang lain.

Fase 1 :
            Kontrol pensil /mencoret – coret,guru memberikan contoh/mendemonstrasikan gerakan , mengatakan “TIRUKAN” dan berikan pensil pada murid.Berbagai macam coretan pada kertas diperbolehkan.

Fase 2 :
            Membatasi gerakan pensil menekan/menarik garis atau melanjutkan gerakan memutar.Guru memberikan contoh aksi ,katakana “TIRUKAN” dan berikan pensil ke murid.

Fase 3 :
            Mengisi dalam batas garis (mewarnai ).Mulai ketika murid setelah sukses melakukan fase 1 dan 2.Gunakan satu warna gambar sebuah bentuk sederhana seperti sebuah persegi panjang,wajah,kemudian murid harus menggunakan warna yang berbeda untuk mengisi tempat yang kosong (dalam garis).Sebagai prompt, batasi area kira-kira 1,5 inci lebarnya didalam garis ,sehingga dia dapat mengerjakan tetap di dalam garis,kurangi lebar garis yang akan diisi.perlahan – lahan tingkatkan gambar yang lebih kompleks dan generalisasi pada buku mewarnai .Cara lain untuk prompt buat garis luar dari lem dan kemudian biarkan kering.Dia dapat merasakan dengan markernya.

Fase 4 :
            Melukis- mulai ketika murid dapat sukses melakukan fase 1 dan 2.Mulai dengan buku yang dapatdigunakan untuk cat air.Gurunya menyiapkan alat –alat dan katakan pada murid “LUKIS”.Aktifitas dengan menggunakan alat – alat lukis (kuas).

Fase 5 :
            Menjiplak gambar.Mulai ketika murid telah melakukan fase 1 dan 2 . Gunanya membuat sebuah garis,lingkaran atau gambar lain yang tipis untuk dijiplak ,murid mengikuti garis yang ada.
Contoh garis yang dijiplak : -     Garis vertical +
-          Garis horizontal X
-          Lingkaran C
-          Diagonal (memberi petunjuk dengan empat titik)

Catatan : Gunakan kertas stenlis sebagai bantuan padatahap ini bila diperlukan.

Fase 6 :
            Menghubungkan titik mulai ketika anak melakukan fase 1 dan 2 . Guru membuat dua titik besar dan katakan “hubungkan titik-titik” . Tingkatkan kemampuan dari membuat garis sederhana ke gambar mis,sebuah rumah.

Fase 7 :
            Meniru bentuk – bentuk ketika anak sudah dapat melakukan fase 5 ,mulailah meniru bentuk – bentuk model .Guru menggambar sebuah model dan katakana “buat sama/tirukan”.

Fase 8 :
            Meniru gambar –gambar yang dikenal .Mulai kektika anak dapat melakukan fase 7.

Fase 9 :
            Menggambar bentuk bebas.Mulai ketika anak dapat melakukan fase 7, dan mengetahui nama dari bentuk yang digambar.Guru mengatakan “Gambar (benruk model)”.Tanpa memberikan contoh.

Bentuk –bentuk : lingkaran , kotak , segitiga ,kerucut.

FASE 10 :
            Menggunakan penggaris untuk menggambar garis – garis.

FASE 11 :
            Menggambar bebas benda – benda yang dikenal.Tanpa contoh model.
       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar