Objektif :
- Memperbaiki kemampuan menulis
- mengembangkan kemampuan yang di
senangi (bakat)
- Mengembangkan kemampuan
imitasi,interaksi sosial dan kreatifitas
- Belajar mengikuti instruksi
- Memperbaiki kemampuan mengikuti tahap
– tahap berurutan
- Meningkatkan persiapan untuk sekolah
- Meningkatkan persiapan untuk bercerita
- Meningkatkan persiapan untuk menulis
Prosedur :
Murid duduk di depan meja dan guru
duduk di sampingnya.Gunakan pensil untuk menggambar,yang mudah di pegang, dan
kertas polos atau papan yang di hapus.Guru mendemonstrasikan sebuah gerakan dan
katakana “ TIRUKAN”, atau gunakan petunjuk verbal lainnya sesuai daftar.Selalu
gunakan gerakan dari kiri-ke-kanan dan atas ke-bawah.Harus konsisten dengan
bagaimana murid memegang pensil/kapur/spidol dan tangan mana yang di
gunakan.Bagaimanapun , jangan berusaha untuk memaksa untuk menggunakan pensil
anak siap.Aturlah pekerjaan anda pada kertas dengan cara yang sistematik.Jangan
lompat – lompat sekeliling halaman.Berikan pendekatan dengan cara bermain.Disamping
menggambar diatas meja,anda dapat gunakan kapur papan tulis atau melukis di
tembok atau menggunakan whiteboard.Anda dapat membuat sebuah lingkaran pada
wajah kucing,garis – garis pada gerbong kereta,dll.Generalisasikan dari marker
ke crayon, pensil , dll,tapi hal yang terbaik ikuti petunjuk anak dengan
menggunakan alat yang disukainya.Cari jalan untuk menggabungkan menggambar pada
aktifitas yang lain.
Prompt :
Gunakan bantuan fisik untuk membantu
murid melakukan gerakan ,perlahan-lahan bantuan dikurangi.
Kriteria Awal :
Murid dapat duduk di kursi , melihat
pada pekerjaan dan memegang pensil.
Kriteria Master :
Murid melakukan sebuahrespons benar
tanpa prompt dengan penilaian.Hal ini harus diulangi dengan paling sedikit satu
guru yang lain.
Fase 1 :
Kontrol pensil /mencoret –
coret,guru memberikan contoh/mendemonstrasikan gerakan , mengatakan “TIRUKAN”
dan berikan pensil pada murid.Berbagai macam coretan pada kertas diperbolehkan.
Fase 2 :
Membatasi gerakan pensil
menekan/menarik garis atau melanjutkan gerakan memutar.Guru memberikan contoh
aksi ,katakana “TIRUKAN” dan berikan pensil ke murid.
Fase 3 :
Mengisi dalam batas garis (mewarnai
).Mulai ketika murid setelah sukses melakukan fase 1 dan 2.Gunakan satu warna
gambar sebuah bentuk sederhana seperti sebuah persegi panjang,wajah,kemudian
murid harus menggunakan warna yang berbeda untuk mengisi tempat yang kosong
(dalam garis).Sebagai prompt, batasi area kira-kira 1,5 inci lebarnya didalam
garis ,sehingga dia dapat mengerjakan tetap di dalam garis,kurangi lebar garis
yang akan diisi.perlahan – lahan tingkatkan gambar yang lebih kompleks dan
generalisasi pada buku mewarnai .Cara lain untuk prompt buat garis luar dari
lem dan kemudian biarkan kering.Dia dapat merasakan dengan markernya.
Fase 4 :
Melukis- mulai ketika murid dapat
sukses melakukan fase 1 dan 2.Mulai dengan buku yang dapatdigunakan untuk cat
air.Gurunya menyiapkan alat –alat dan katakan pada murid “LUKIS”.Aktifitas
dengan menggunakan alat – alat lukis (kuas).
Fase 5 :
Menjiplak gambar.Mulai ketika murid
telah melakukan fase 1 dan 2 . Gunanya membuat sebuah garis,lingkaran atau
gambar lain yang tipis untuk dijiplak ,murid mengikuti garis yang ada.
Contoh garis yang
dijiplak : - Garis vertical +
-
Garis horizontal
X
-
Lingkaran C
-
Diagonal
(memberi petunjuk dengan empat titik)
Catatan : Gunakan
kertas stenlis sebagai bantuan padatahap ini bila diperlukan.
Fase 6 :
Menghubungkan titik mulai ketika
anak melakukan fase 1 dan 2 . Guru membuat dua titik besar dan katakan “hubungkan
titik-titik” . Tingkatkan kemampuan dari membuat garis sederhana ke gambar
mis,sebuah rumah.
Fase 7 :
Meniru bentuk – bentuk ketika anak
sudah dapat melakukan fase 5 ,mulailah meniru bentuk – bentuk model .Guru
menggambar sebuah model dan katakana “buat sama/tirukan”.
Fase 8 :
Meniru gambar –gambar yang dikenal
.Mulai kektika anak dapat melakukan fase 7.
Fase 9 :
Menggambar bentuk bebas.Mulai ketika
anak dapat melakukan fase 7, dan mengetahui nama dari bentuk yang digambar.Guru
mengatakan “Gambar (benruk model)”.Tanpa memberikan contoh.
Bentuk –bentuk :
lingkaran , kotak , segitiga ,kerucut.
FASE 10 :
Menggunakan penggaris untuk
menggambar garis – garis.
FASE 11 :
Menggambar bebas benda – benda yang
dikenal.Tanpa contoh model.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar