MEMBEDAKAN IMBALAN
( Tekanan suara , Ekspresi wajah , Benda + Makanan )
1.
Betul dan melakukan tugas dengan baik
- Wow - Bagus sekali
- Kamu betul - Hebat
- Sempurna - Kamu ngerti
- Kamu pintar sekali - Luar biasa
- Betul - Kerjaan yang super
2.
Betul tapi kurang sempurna (Usahanya kurang baik)
-
Benar -
Betul
-
Ok -
Yeah
-
Kamu melakukan lebih -
Yap
-
Bagus -
Baik
-
Mmm…Mmm -
Cukup baik
-
Kerjaan yang bagus tapi ….. -
Baik
3.
Salah tapi berusaha melakukan
- Usahanya
bagus tapi ….. - Hampir
- Gunakan
dua tangan -
Tirukan apa yang saya lakukan
- Ayo coba
lagi -
Kamu hampir selesai
-Selesai
tapi -
Uh…Uh….
- Nggak -
Kurang sunguh –sungguh
- Geleng
kepala ( tanda tidak)
- Tidak ada respon atau salah dengan kurang kurang usaha
-
Perhatikan -
Dengarkan
- Tidak -
Bangun
- Kamu
tidak mencoba -
Kamu harus berusaha
- Dengar !! -
Perhatikan !!
- Saya
sedang bertanya -
Kamu harus menjawab
MEMBUAT TERAPI NATURAL , FUN DAN UMUM
- Nada suara yang antusias.
- Tata ruang dan alat yang bervariasi.
- Instruksi yang bervariasi ( missal : apa ini ?,apa yang kamu lihat , coba ceritakan tentang ini ).
- Material yang menarik disukai dan berguna.
- Jangan membosankan anak dengan mengulang – mengulang program yang sudah dikuasai.
- Jangan menghukum anak untuk usaha dan perbuatan yang baik dengan mengulur – ulur/ memperpanjang tugasnya.
- Pertahankan tingkat kesuksesan yang tinggi.
- Gunakan apa yang di sukai anak ( bahkan objek yang dipakai untuk stimulasi diri bisa digunakan untuk imbalan).
- Menyelingi tugas – tugas.
- Imbalan yang bervariasi dan yang dikenal .
- Bahasa harus sewajar mungkin.
- Kurikulum yang bervariasi( missal : bahasa,bermain,sosialisasi,Bantu diri).
- Mengurangi struktur sebanyak mungkin ( misal : kadang – kadang bekerja di lantai,kadang – kadang di bangku).
* FORMAT TERAPI *
- 20 menit : Bermain dikelas
- 80 menit : Bahasa ( break pendek meliputi : 0 – 20 menit : bahan
; 5 -10 menit : main; 0-20 menit : bahan ; 5 – 10 menit : main ).
- 30 menit : Bantu diri
- 30 menit : Bermain dikelas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar