Minggu, 10 Juni 2012

Imitasi Balok


Objektif
  1. Belajar menggunakan benda mainan dengan cara yang tepat
  2. Meningkatkan kemampuan menyusun pola dengan motorik visual
  3. Meningkatkan perhatian dan memori
  4. Membangun perilaku kntrol diri (mis, tidak merebut balok – balok atau melempar,dll)
  5. Meningkatkan kemampuan motorik halus
  6. Mengajarkan memperhatikan materi – materi tugas dan gerakan guru
  7. Mengerjakan cara menyusun posisi balok

Prosedur
            Program ini dapat dilakukan dengan segala macam alat – alat peraga konstruksi termasuk balok – balok, Legos , Linsoln Logs, atau potongan-potongan kertas warna .Guru duduk berhadapan dengan murid.Setiap orang mempunyai materials sendiri –sendiri di samping meja .Guru menyusun balok – balok kepunyaannya di tengah meja.Anak membuat disain yang sama dengan menggunakan balok – balok kepunyaannya di depan dia.Gunakan balok – balok yang mempunyai bentuk dan warna yang bervariasi . Mulai dengan dua atau tiga balok dan perlahan – lahan tingkatkan jumlah balok.
            Ketika anak sudah dapat menyusun balok – balok sesuai strukturnya, maka mulailah dengan bermain (mis , mengendarai mobil melewati jembatan ) . Gunakan type – type balok yang bervariasi seperti Duplo atau bristle. Bisa juga membuat suatu figure aksi dan binatang – binatang.

Prompt
            Gunakan prompt fisik , demonstrasi , verbal prompts,menunjuk, atau dikombinasi.Perlahan – lahan kurangi prompt sehingga anak dapat melakukan secara mandiri . Pada awalnya sebagai prompt, anak mendapat balok – balok yang dia sukai . Kemudian tambakan balok – balok yang lain.

Prasyarat
            Anak dapat menyelesaikan tiga item dari Imitasi Non Verbal Fase 1.

Kriteria Master
            Anak dapat melakukan respon benar eight of ten tanpa prompt. Harus diuji paling sedikit satu guru tambahan.

Fase 1
Membangun sebuah menara
            Siapkan balok –balok dan katakana “buat menara”. Mulailah dengan dua balok panjang dan perlahan – lahan tingkatkan ukuran menara.

Fase 2
Membedakan bentuk – bentuk berwarna
            Letakkan dua balok berbeda dengan jarak 10 inci (mis, sebuah kotak merah dan sebuah persegi panjang hijau).Berikan ke anak salah satu balok yang sama diantara dua balok tadi dan katakan “samakan” atau  “letakkan dengan yang sama”. Hal ini dilakukan agar anak benar –benar dapat membedakan antara balok – balok tersebut.



Fase 3
Langkah berurutan
            Letakkan selembar kertas pada area kontruksi madding – masing orang . Guru menyelesaikan satu langkah konstruksi dan tunggu agar anak meniru langkah tersebut.Lanjutkan langkah konstruksi berikutnya. Catat jumlah langakah yang diselesaikan sendiri dan jumlah yang di prompt.Mulailah dengan langakah yang termudah dan lanjutkan yang lebih sulit.

Langkah membangun :
a.       Ke atas
b.      Dari kiri ke kanan
c.       Dari muka ke belakang
d.      Membuat suatu model

Yakinlah untuk mencampur antara bentuk dan warna dalam uji coba – uji coba dan juga variasikan tempatnya. Hal ini untuk menggeneralisasi imitasi, tidak mengajarkan disain yang spesifik.

Fase 4
Sebelum membengun struktur
            Guru menyelesaikan model struktur sebelum murid memulai mengerjakan strukturnya. Jika perlu di tutupi agar yakin anak menunggu .Perlahan – lahan tingkatkan ke struktur yang lebih kompleks.

Fase 5
Mengcopy model – model balok dengan kubus – kubus kecil berwarna
  1. Horizontal
  2. Vertical
  3. Kombinasi
  4. Muka / belakang


Fase 6
Mengcopy model – model balok dengan balok yang warnanya sama (mis, balok kayu yang tidak di cat ; potongan – potongan karton yang besar)

Fase 7
Mengcopy desain 2D (foto atau gambar )

Fase 8
Membuat kreativitas struktur yang spesifik
            Meja, kursi,jembatan , garasi , mobil , pesawat , kereta api , rumah, ranjang , kapal motor , dsb. Rencanakan sebuah model yang kelihatannya spesifik. Kemudian gunakan sebuah foto, dan berikan instruksi verbal . Samarkan / jauhkan fotonya dan murid membangun item itu hanya dengan intruksi verbal . Anda dapat meletakkan gambar dekat konstruksi agar menjadi jelas apa yang telaha dibangun (mis, letakkan gambar di kursi lain).Gabungkan bermain dengan kreativitas struktur (mis, mengendarai “mobil” ; meletakkan binatang – binatang di atas batu – batu ; dll)

Fase 9
Mendisain dengan mengingat
            Tunjukkan desain selama lima detik dan kemudian di balik/di tutup.Anak membuat struktur dengan mengingat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar