Minggu, 10 Juni 2012

MEMBACA DAN MENULIS


MEMBACA

Objectif          : 1. Mengembangkan kemampuan akademik
                          2. Meningkatkan arti dari komunikasi
                          3. Mengisi waktu luang
Prosedur        : Guru menyiapkan huruf-huruf atau kata-kata dan anak  mendemonstrasikan.
Prompt           : Gunakan posisi,verbal,tunjuk,atau fisik.Perlahan-lahan kurangi prompt.
Prasyarat       : Anak dapat matching benda ke benda,gambar ke gambar,gambar              
                          ke benda.biasanya,anak akan dapat melengkapi label  
                          Reseptif.Walaupun demikian , beberapa anak mempunyai kesulitan 
                          yang berhubungan dengan auditory dapat belajar yang
                          berhubungan dengan visual (mis, matching kata dan benda).
Kriteria Master: Anak dapat melakukan respon benar eight out of ten tanpa   
                          prompt. Diuji paling sedikit satu guru lainnya.

Fase 1             : Matching kata dan angka
Fase 2             : Matching kata ke kata
Fase 3             : Matching huruf ke kata dari kiri ke kanan
Fase 4             : Mengucapkan abjad
Fase 5             : Indentifikasi huruf besar
Fase 6             : Identifikasi huruf kecil
Fase 7             : Membaca huruf besar
Fase 8             : Membaca huruf kecil
Fase 9             : Meletakkan kartu abjad sesuai perintah
Fase 10           : Mengatakan suara yang terjadi dari sebuah huruf. Guru menujukkan   
                          sebuah kartu yang tercantum sebuah huruf dan bertanya “suara apa?”
Fase 11           : Suara campuran. Keluarkan atau lebih kartu,mis,B-O-L-A.Anak disuruh
                          membaca dan menunjuk setiap huruf.Anak harus mengatakan setiap
                          huruf satu persatu sambil memindahkan jari.Kemudian tunjuk
                          keseluruhan huruf.Anak harus membaca kata tersebut.
Fase 12           : Matching kata ke benda atau gambar. Buatlah suatu permainan dengan
                          kartu –kartu kata untuk benda-benda sekitar. Anak di minta membaca   
                          dan menmpelkan pada benda yang tepat.
Fase 13           : Identifikasi kata-kata
Fase 14           : Spell kata-kata
Fase 15           : Membaca kalimat
Fase16            : Matching kalimat ke gambar
Fase 17           : Pemahaman. Anak mengerti apa yang di baca
a.            Siapa (melakukan aksi) ?
b.            Apa yang dilakukan (orang)?
c.             Dimana?
d.            Bagaimana/Kenapa?
Fase 18           : Mengikuti perintah tertulis. Buatlah kartu indeks dengan perintah sederhana tertulis untuk tugas dan     
                          aktifitas yang dapat anak lakukan.
a.            Satu kata perintah
b.            Dua kata perintah
c.             Tiga kata perintah
d.            Kalimat komplit




MENULIS

Objectif                      : 1. Persiapan sebuah komunikasi yang berarti
                                      2. Mengembangkan kemampuan akademik
                                      3. Meningkatkan kemampuan motorik kasar

Prosedur                    : Siapkan stimulus untuk anak agar membuat respon pada kertas.

Prompts                      : Menggambar,membaca

Kriteria Master          : Anak melakukan respon benar eight of ten tanpa prompt. Diuji saru guru lain.

Fase 1 : Menjilpak huruf dan angka. Gunakan kertas bergaris.
Fase 2 : Menjiplak , meniru dan menulis nama. Mulai ketika anak sudah sukses di fase 1.
Fase 3 : Menulis huruf dan angka. Mulai ketika anak sudah sukses di fase 3 dan anak dapat mengidentifikasi huruf dan    
              angka. Guru mendikte “tulis (huruf….)
Fase 4 : Matching huruf ke kata, perintah dari kiri ke kanan.
Fase 5 : Meniru dari papan tulis di depan kelas.
Fase 6 : Mendikte kata.
Fase 7 : Menulis kalimat jawaban dari suatu pertanyaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar