Minggu, 10 Juni 2012

KIAT MENCIPTAKAN TERAPI YANG NATURAL , MENYENANGKAN DAN MUDAH DIGENERALISASI


1.            Berikan tugas dan pujian dengan nada yang antusias
2.            Berpindah-pindah tempat terapi atau merubah-rubah setting ruangan.
3.            Berikan instruksi yang bervariasi , jangan itu-itu terus (mis, apa ini? Apa yang kamu lihat?Ceritakan tentang ………..).
4.            Sediakan materi yang menarik dan fungsional sesuai dengan kehidupan sehari-hari anak.
5.            Bila tugas sudah dikuasai jangan diulang terus , anak dapat bosan.
6.            Bila anak rewel jangan cepat-cepat mengganti atau menghentikan tugas, anak akan melihat ini sebagai cara sukses untuk lari dari tugas.
7.            Variasikan reward, gunakan apa yang disukai oleh anak (bahkan benda penyebab stimulasi diri,asal tidak terlalu lama).
8.            Gunakan bahasa dan nada suara sehari-hari,jangan bicara terlalu keras dan nada suara tidak natural. Variasikan lagu kalimat anda agar anak tidak hanya menghafal bunyi/lagu suara.
9.            Kurikulum di rancang bervariasi (urutan terapi:bicara,bermain,hubungan social,kemampuan bantu diri).
10.        Terapi jangan terus menerus di belakang meja (kadang di lantai).  
l� _ p & PD= ��? p>
b) Tunjuk objek ke gambar
            Letakkan dua atau lebih objek di atas meja. Perlihatkan sebuah gambar(tapi guru tetap memegang) dan katakan “tunjuk yang sama”.

Fase 4
Buat pilihan dari sebuah gambar
            Mulai ketika anak sudah menguasai 5 item di fase 2 dan 3 . Serahakan sebuah gambar dari item yang paling di sukai anak . Gunakan prompt fisik untuk memegangkan anak gambar item yang di sukai dan berikan pada anda. Seketika itu beri nama gambar itu dan tukarkan gambar itu dengan item yang di inginkan . Ketika anak memegang gambar apa saja dan memberikan pada anda,berikan item yang tertera pada gambar ke anak . Gunakan juga gambar – gambar dari aktivitas di dalam dan di luar rumah.Seketika pergilah ke area dimana item / aktifitas itu berada sesuai dengan yang tertera pada gambar dan lakukan uji coba di situ .Kemudian ajarkan anak untuk seketika mengerjakan item yang ada di gambar (mis,makan makanan yang ada di gambar , minuman , pergi mandi, berenang,dll ).Awalnya berikan anak item yang tempatnya dekat. Kemudian buatlah anak memberikan gambar pada orang lain dan seketika lakukan aktivitasnya.
            Ketika anak berespon dengan konsisten , anda dapat meningkatkan jumlah gambar – gambar yang ditawarkan. Pertama gunakan sebuah gambar item sebagai distraksi untuk memberikan arti apa yang dipilih. Perlahan – lahan tingkatkan jarak dan jumlah gambar yang ditawarkan .Anak memberikan gambar yang mengartikan dia mengekspresikan keinginannya.

Contoh Gambar Komunikasi
Kamar mandi
Minum
Jalan – jalan
Naik mobil

Fase 5
            Ikuti petunjuk dari sebuah gambar . Berikan anak gambar – gambar dari bermacam – macam aktivitas, seperti pada program reseptif. Tunjukkan gambar dan katakana, “Lakukan”.

Catatan
Bisa gunakan PECS atau Compic.    
yle='( � b d PD= ��? ight:normal'>Fase 3
Objek 3 D
Gunakan objek yang familiar bagi anak dan yang sudah dilatih dalam matching. Mulailah dengan 2 item. Letakkan item pertama di atas meja dengan item yang lain sebagai distraksi, dan katakana “ minta (objek )”. Ketika anak dapat mengerjakan respon benar empat dari lima kali percobaan dengan distraksi dan tanpa prompt, ulangi dengan item kedua. Ketika item kedua dapat dikerjakan, kembali, ke item pertama, kemudian item kedua lagi. Terakhir kedua item diacak. Jika kedua item sudah dikuasai tambahkan item lainnya.

Contoh :
-          Pakaian
-          Makanan
-          Mainan

Fase 4
Gambar dari objek-objek
Guru meminta anak untuk menunjuk objek yang dilabel di dalam gambar.

Fase 5
Gambar dari action
Guru memperlihatkan gambar berbagai macam action dan minta anak untuk menunjuk action yang dilabel di dalam gambar.

Fase 6
Gambar orang
(Sering anak-anak lebih mudah belajar, hal ini dengan 2 D daripada 3D). Guru menunjukkan gambar-gambar orang dan mintalah anak untuk menunjuk nama orang yang disebut. Termasuk diri sendiri, family, guru-guru dan teman-teman.

Fase 7
Orang 3D
Guru meminta anak untuk menunjuk Guru, diri sendiri atau orang lain yang adaa disitu.

Fase 8
Meminta dua item
(mis, minta gelas dan mobil)

Fase 9
  • Ukuran (Besar/kecil)


Fase 10
Warna
Buatlah hal ini semenarik mungkin. Anda harus menggunakan objek – objek berwarna yang menarik (mis: Gunakan gelas berwarna dan sembunyikan sesuatu yang menarik di gelas warna yang akan anda tanyakan.

Fase 11
Bentuk

Fase 12
Kombinasi warna/objek

Fase 13
Kombinasi abstrak dua atribut
(ukuran / bentuk)

Fase 14
Kombinasi 3 atribut (warna / ukuran / 0objek atau warna/bentuk/ukuran)

Fase 15
Identifikasi tempat / ruangan
Berikan gambar tempat/ruangan di atas meja. Anak menunjuk gambar. Bila sudah mampu segera generalisasikan.

Fase 16
Emosi

Fase 17
Konsep kuantitas
  1. Banyak/satu
  2. Kosong/penuh
  3. Kecil/besar
  4. Ringan/berat

Program selanjutnya : Atribut, Kategori / kelompok, fungsi, preposisi, profesi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar