Sabtu, 09 Juni 2012

KEPATUHAN

Objektif
  1. Untuk mengajar anak bagaimana mengikuti instruksi yang disertai gerak tubuh untuk memudahkan anak mengerti. Tujuannya untuk meningkatkan kemauan untuk patuh terhadap perintah sederhana yang dapat dimengerti anak.
  2. Item-itemnya :
-          Kesini
-          Duduk
-          Berdiri
-          Tangan dilipat
-          Mengambil benda –benda
-          Menunggu
-          Perintah-perintah lain

Prosedur
Program kepatuhan adalah dasar untuk memudahkan anak dapat sukses untuk mengikuti perintah dengan perlahan-lahan perintah ditingkatkan. Awalnya  anak hanya diminta untuk menyelesaikan tugas-tugas yang benar-benar disukai. Mis, Anak diminta untuk makan sebuah snack, bermain dengan sebuah mainan yang disukainya, atau bahkan benda penyebab dia stimulasi.
Beberapa instruksi dapat dengan senang hati mendatangkan kepatuhan, dengan demikian ciptakan sebuah kesempatan agar anak mendapat imbalan setelah diberi instruksi. Perlahan-lahan instruksi-instruksi menjadi lebih sedikit kurang menyenangkan sambil terus memelihara imbalan yang exstensif untuk kepatuhan.

PETUNJUK UNTUK MEMUDAHKAN KEPATUHAN

  1. Hanya memberikan instruksi yang kita inginkan anak mengerjakannya. Tugas – tugas yang diberikan sesuaikan dengan usia anak.
  2. Jangan memberikan instruksi bermacam – macam dalam jangka waktu yang pendek (mis : tiga instruksi dalam 10 detik). Sebaliknya, anda akan meningkatkan ketidakpatuhan dan malah mengacaukan situasi.
  3. Menawarkan anak dengan pilihan-pilihan yang positif (“Kamu mau bermain?”)
  4. Juga tawarkan anak dengan pilihan yang agak memaksa (mis,”Kamu mau mandi?”)
  5. Ketika anak tidak mengikuti perintah, anda harus senetral mungkin.
  6. Usahakan untuk memberi kemudahan bagi anak agar patuh dengan menyajikan tugas yang tidak disukai diantara tugas-tugas yang mudah. Buatlah tugas dan lingkungan yang menyenangkan untuk menunjang kepatuhan.
  7. Sensitiflah akan keinginan anak. Mis, ketika anak akan menutup pintu, katakana “Tutup pintu” dan beri dia imbalan
  8.  Berikan instruksi secara perlahan agar anak dapat menyimak apa yang diperintahkan.
  9. Siapkan anak dalam ruangan yang dapat dikontrol.
  10. BERIKAN ANAK IMBALAN YANG BERARTI KETIKA DIA MENGERJAKAN TUGAS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar